Rabu, 30 Maret 2022

“SERBA SERBI PUBLIC RELATION DI ERA DIGITAL”


Apakah pernah kalian berfikir Public Realition hanya tentang public speaking face to face saja? Eits jika kalian pernah berfkir seperti itu, kalian salah besar. Karena didalam Public Realition atau yang biasa kita sebut dengan PR tidak hanya mempelajari tentang public speaking face to face saja loh. Lalu apa saja sih yang kita pelajari didalam PR? Dan hal apa saja yang bisa dilakukan oleh seorang PR di Era digital? Berikut serba-serbi PR di era digital.

Dahulu sebelum internet berkembang pesat seperti saat ini, praktisi PR sangat bergantung pada media cetak dan elektronik, seperti koran, radio, dan televisi. Namun semua itu berubah semenjak internet hadir ditengah-tengah masyarakat. PR Digital banyak menggunakan media berbasis internet dalam menyelesaikan pekerjaannya. Tujuannya pun sama yakni untuk menciptakan  citra yang baik dan membangun branding.

Tugas dari seorang PR digital yakni menjaga reputasi online suatu perusahaan beserta lini bisnisnya. Mulai dari membangun koneksi, mengatasi krisis komunikasi, dan memperbaiki relasi dengan konsumen. Selain itu dengan adanya PR digital diharapkan mampu untuk menjaga buhungan komunikasi antara brand dan publiknya terus terjaga dan saling menguntungkan satu sama lain.

Dalam menyampaikan pesan-pesan brand Praktisi PR digital telah diakui lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan iklan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Hal ini bisa terjadi karena PR digital memungkinkan brand-brand untuk berkomentar diberbagai jaringan media. Salah satunya media sosial yang mereka miliki. Namun tidak semua media efektif digunakan dalam berkampanye, hanya media yang memang populer dan relevan dengan target pasar yang kita tuju. 

Disini tugas PR digital yakni untuk menjaga konsumen agar tetap loyal, tentu dengan menghadirkan pendekatan-pendekatan untuk tiap produk yang dirilis. Karena dengan reputasi yang baik tentu akan memberikan laju penjualan yang baik pula.




Nama : Syafiatul Amalah

NIM : 04020120065

Kelas : A4

Prodi      :       KPI

Tugas    :      Tugas Artikel Matakuliah Public Realition

Tema: Pentingnya Public Realition/Humas/Marketing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar