Hadits
ini merupakan hadits yang menjelaskan perintah untuk beriman kepada Allah SWT
dengan mengucapkan dua kalimat syahadat. Kemudian berisi perintah sholat lima
waktu dalam satu hari satu malam, yakni sholat subuh, sholat dhuhur, sholat
ashar, sholat maghrib, dan sholat isya’. Dan yang ketiga yakni perintah untuk
bershodaqoh wajib (zakat). Karena di dalam harta yang kita miliki ada sebagian
harta milik orang-orang fakir, miskin. Jangan sampai kita membelanjakan harta
orang miskin untuk kepentingan pribadi. Karena do’a orang yang terdzolimi
merupakan do’a yang mustajab.
Dari
pemaparan di atas, dapat kita simpulkan ada tiga hal yang perlu diperhatikan,
yakni:
1.
Senantiasa
beriman kepada Allah SWT
2.
Sholat
lima waktu
3.
Menunaikan
zakat
A.
HADIST BUKHARI NO – 1401
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُقَاتِلٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ
اللَّهِ أَخْبَرَنَا زَكَرِيَّاءُ بْنُ إِسْحَاقَ عَنْ يَحْيَى بْنِ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ صَيْفِيٍّ عَنْ أَبِي مَعْبَدٍ مَوْلَى ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ ابْنِ
عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ حِينَ بَعَثَهُ إِلَى الْيَمَنِ إِنَّكَ
سَتَأْتِي قَوْمًا أَهْلَ كِتَابٍ فَإِذَا جِئْتَهُمْ فَادْعُهُمْ إِلَى أَنْ يَشْهَدُوا
أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ فَإِنْ هُمْ
أَطَاعُوا لَكَ بِذَلِكَ فَأَخْبِرْهُمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ فَرَضَ عَلَيْهِمْ
خَمْسَ صَلَوَاتٍ فِي كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ فَإِنْ هُمْ أَطَاعُوا لَكَ
بِذَلِكَ فَأَخْبِرْهُمْ أَنَّ اللَّهَ قَدْ فَرَضَ عَلَيْهِمْ صَدَقَةً تُؤْخَذُ
مِنْ أَغْنِيَائِهِمْ فَتُرَدُّ عَلَى فُقَرَائِهِمْ فَإِنْ هُمْ أَطَاعُوا لَكَ
بِذَلِكَ فَإِيَّاكَ وَكَرَائِمَ أَمْوَالِهِمْ وَاتَّقِ دَعْوَةَ الْمَظْلُومِ
فَإِنَّهُ لَيْسَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ اللَّهِ حِجَابٌ
Artinya: “Telah menceritakan kepada kami
Muhammad bin Muqatil telah mengabarkan kepada kami 'Abdullah telah mengabarkan
kepada kami Zakariya' bin Ishaq dari Yahya bin 'Abdullah bin Shayfiy dari Abu
Ma'bad sahayanya Ibnu 'Abbas radliallahu 'anhuma berkata; Rasulullah
Shallallahu'alaihiwasallam berkata, kepada Mu'adz bin Jabal Radhiyalahu'anhu
ketika Beliau mengutusnya ke negeri Yaman: "Sesungguhnya kamu akan
mendatangi kaum Ahlul Kitab, jika kamu sudah mendatangi mereka maka ajaklah
mereka untuk bersaksi tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah dan
bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Jika mereka telah mentaati kamu tentang hal
itu, maka beritahukanlah mereka bahwa Allah mewajibkan bagi mereka shalat lima
waktu pada setiap hari dan malamnya. Jika mereka telah mena'ati kamu tentang
hal itu maka beritahukanlah mereka bahwa Allah mewajibkan bagi mereka zakat
yang diambil dari kalangan orang mampu dari mereka dan dibagikan kepada
kalangan yang faqir dari mereka. Jika mereka mena'ati kamu dalam hal itu maka janganlah
kamu mengambil harta-harta terhormat mereka dan takutlah terhadap do'anya orang
yang terzholimi karena antara dia dan Allah tidak ada hijab (pembatas yang
menghalangi) nya”.
B.
JALUR SANAD
Abdullah
bin 'Abbas bin 'Abdul Muthallib bin Hasyim - Nafidz, maula Ibnu 'Abbas - Yahya
bin 'Abdullah bin Muhammad bin Shaifiy - Zakariya bin Ishaq - Abdullah bin Al
Mubarak bin Wadlih - Muhammad bin Muqatil.
Ø
Nama lengkap
Muhammad bin Muqatil. Dari kalangan Tabi'in kalangan biasa. Kuniyah Abu Al-Hasan.
Negeri semasa hidup di Baghdad. Wafat pada tahun 226 H.
Ø
Nama lengkap
Nafidz, maula Inbu 'Abbas. Kalangan Tabi'in kalangan pertengahan. Kuniyah Abu
Ma'bad. Negeri semasa hidup Marur Rawdz. Wafat pada tahun 104 H.
Ø
Nama
lengkap Yahya bin 'Abdullah bin Muhammad bin Shaifiy. Kalangan Tabi'in (tidak
jumpa Shahabat). Kuniyah Negeri semasa hidup di Marur Rawdz. Wafat -
Ø
Nama lengkap
Zakariya bin Ishaq. Kalangan Tabi'in (tdk jumpa Shahabat). Kuniyah Negeri
semasa hidup di Marur Rawdz. Wafat -
Ø
Nama lengkap
Abdullah bin Al Mubarak bin Wadlih. Kalangan Tabi'ut Tabi'in kalangan
pertengahan. Kuniyah Abu 'Abdur Rahman. Negeri semasa hidup di Himash. Wafat
pada tahun 181 H.
Ø
Nama
Lengkap Muhammad bin Muqatil. Kalangan Tabi'in kalangan biasa. Kuniyah Abu Al
Hasan. Negeri semasa hidup di Baghdad. Wafat pada tahun 226 H.
C.
HADITS YANG MEMILIKI KESAMAAN
Al-Bukhâri, no. 1395, 1496, 4347, 7372;
Muslim, no. 19 [29]; At-Tirmidzi, no. 625; Abu Dawud, no. 1584; An-Nasa-i,
V/55; Ibnu Majah, no. 1783; Ad-Dârimi, I/405; Ahmad, I/233.
SYAFI’ATUL AMALAH – 04020120065
KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM – A4
TUGAS HADITS DAKWAH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar